Blogger Jateng

REFLEKSI DIRI VISI GURU DAN KONEKSI TEORI KEPENDIDIKAN



        Menurut saya keterkaitan visi guru dengan konsep lainnya adalah dalam hal membangun konstruksi penyusunan visi guru yang bertujuan pada pendidikan secara khsusus pada kemajuan satuan pendidikan maupun peserta didik. Melalui materi lainnya, saya dapat menyusun visi dengan mengkaitkan ilmu pengetahaun lainnya yang sesuai dengan kebutuhan, tantangan, serta capaian akhir sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

            Misal, dalam filosofi pendidikan Kihajar Dewantara sudah menjelaskan bahwa pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. 

            Berdasarkan hal ini yang memiliki visi diri Terdepan menjadi SDM unggul dalam menyiapkan Pelajar Pancasila menuju BERSAUDARA (Berkarakter, Berdaya Saing, Unggul dan Pengabdian Masyarakat).

Selain itu, pada topik 1 perencanaan dan pengembangan kurikulum terdapat sebuah prinsip dalam pengembangan sebuah kurikulum di satuan pendidikan yaitu prinsip relevansi. Pada prinsip relevansi di harapakan selaras dengan komponen kurikulum yaitu bahan, tujuan, strategi dan evaluasi. 

Sehingga, dengan memiliki visi yang sesuai dengan ketentuan dan capaian pendidikan secara nasional, secara otomatis akan selaras dengan prinsip kurikulum pada satuan pendidikan yang pastinya juga dibuat dalam hal mewujudkan capaian pembelajaran yang ideal sesuao ketentuan yang ada dari Nasional. Jadi, guru dengan memiliki visi yang sepaham dan selaras dengan semua dasar-dasar pendidikan menjadi kunci suksesnya capaian pembelajaran secara ideal bagi siswa karena siswa selalu bersinggungan langsung dengan guru. 

Melalui guru yang memiliki visi yang baik dan sesuai arah tujuan pendidikan, dipercaya akan memberikan suri tauladan bagi siswa serta akan selalu berpegang pada visi yang dimiliki sebagai standar pelaksanaan semangat mengajar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.


        Selain Visi Guru yang menjadi kunci suksesnya meningkatkan kualitas pembelajaran, belajar dari diskusi sejawat yang memberikan efek positif bagi kami, maka saya secara pribadi merekomendasikan dan sangat setuju jika di suatu satuan pendidikan setiap guru melaksanaan sharing dan diskusi terkait meningkatkan kualitas pembelajaran. Karena ruang diskusi merupakan salah satu media / sarana untuk menyatukan persepsi dalam menggapai sebuah tujuan. 

        Relasi seperti ini juga sangat bagus dampaknya pada kemajuan pendidikan di suatu instansi jika dikerjakan secara continue, karena dengan saling memberikan apresiasi positif maupun negatif akan menambah pengalaman serta perbandingan untuk meningkatkan proses pembelajaran lebih baik lagi. Maka, diskusi rekan sejawat di sebuah instansi/sekolah atau antar sekolah sangat diperlukan.

Posting Komentar untuk "REFLEKSI DIRI VISI GURU DAN KONEKSI TEORI KEPENDIDIKAN"