Blogger Jateng

Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran


Teknologi dan media memiliki peranan yang penting dalam belajar. Ketika pembelajaran terpusat pada guru, teknologi dan media berperan dalam mendukung penyajian pembelajaran. Disisi lain ketika pembelajaran yang terpusat pada siswa, siswa akan sebagai pengguna media dan pemanfaat teknologi dan media untuk menyajikan hasil pemikiran, hasil penelitian dan lain sebagainya. Salah satu peranan dari teknologi dan media adalah untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Teknologi akan membantu dalam penyajian media pembelajaran. Media dan teknologi juga dapat berperan dalam menentukan proses komunikasi dalam pembelajaran. Kehadiran teknologi dan media dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.\

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mewujudkan menjadi guru profesional dan guru digital

  • Langkah-langkah yang dilakukan untuk mewujudkan guru profesional:
  1. Melaksanakan Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  2. Mengikuti KKG (Kelompok Kinerja Guru)
  3. Mengikuti Pelatihan-Pelatihan seperti pelatihan IT, Coding dan sebagainya.
  4. Pengamatan dan Evaluasi rekan sejawat
  5. Membuat Karya Tulis berupa Artikel, Jurnal, Penelitian.
  • Langkah-langkah yang dilakukan untuk mewujudkan guru digital:

  1. Terampil menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan
  2. Terbuka akan perubahan teknologi dan informasi
  3. Mampu memanfaatkan media sosial dalam konteks pendidikan
  4. Memiliki semangat berinovasi yang tinggi
Kode Etik dan Hak Cipta
  • Kode Etik
Kode Etik adalah sebuah istilah yang digunakan dalam sebuah keprofesian atau pekerjaan. Kode etik sendiri merupakan prinsip-prinsip moral yang berlaku dalam suatu profesi dan disusun secara sistematis. Kode etik ini juga wajib ditaati dalam setiap profesi karena dijadikan landasan untuk berperilaku sesuai dengan profesi yang dijalani. Berbagai profesi memiliki etika kerja atau standar etika untuk menjaga kepercayaan publik/integritas kelembagaan dan untuk membimbing bagaimana mereka melaksanakan tanggung jawab profesional mereka. Etika adalah pusat dalam karir mengajar, dan oleh karena itu, praktik guru harus sesuai dengan kode etik adalah yang ada untuk mendukung semua proses pembelajaran (Purevjav, Molnar & Davaadorj, 2017).
  • Fungsi kode etik
  1. Menghubungkan nilai dan norma dengan pelayanan (keprofesian).
  2. Sarana kontrol sosial
  3. Pencegahan kesalahpahaman dan konflik.
  4. Pencegahan campur tangan pihak lain yang dapat merugikan.
  • Tujuan kode etik
  1. Agar profesional memberikan jasa yang sebaik-baiknya kepada para pemakaiatau para nasabahnya.
  2. Meningkatkan mutu pengabdian profesi.
  3. Melindungi perbuatan dari yang tidak profesional.
  4. Memelihara lingkungan profesi yang kondusif.
  • Hak Cipta
Menurut Pasal 1 Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) No. 19 Tahun 2002 yang dimaksud hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yang dimaksud dengan hak eklusif adalah hak yang semata-mata diperuntukkan bagi pemegangnya sehingga tidak ada pihak lain yang boleh memanfaatkan hak tersebut tanpa izin pemegangnya
  • Fungsi hak cipta
Hak cipta berfungsi menghargai suatu karya dan mendorong pencipta karya tersebut untuk menghasilkan karya baru.
  • Tujuan dari pelaksanaan hak cipta
Hak Eksklusif adalah hak pembuat karya untuk mengontrol mekanisme kepemilikan juga distribusi dari karyanya. Hak eksklusif berarti siapa pun yang ingin menggunakan, menyalin, memperbanyak, dan menjual suatu karya cipta harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pembuatnya.

Bentuk-bentuk media dan teknologi dapat yang digunakan sekolah :

- Komputer/PC
- Laptop
- LCD Proyektor
- Audio Speaker
- Papan tulis

Posting Komentar untuk "Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran"