Blogger Jateng

Makna Penting Perkembangan Teknologi, Media dan Pembelajaran

             


            Pada artikel sebelumnya Kehidupan Abad 21 dan Pembelajarannya,  saya mendapatkan beberapa wawasan dari yang sudah pernah saya ketahui dan ada juga yang belum saya ketahui. Tentunya, materi perkembangan teknologi merupakan kajian sejak saya sudah duduk di bangku SD. Hal itu hanya sebatas belajar dan berlatih mengoperasikan komputer yang masuk dalam tambahan jam waktu SD dulu. Saya mengenak istilah Hardware dan Softaware dalam pengorprasian komputer. Diantaranya, hardware  terdiri dari komputer, mouse dan PC sedangkan software  mulai dari windows, Microsoft office dan lain sebagainya. Hal ini masuk dalam materi pertama yaitu tentang perkembangan TIK menerangkan 

 Komputer pertama masuk ke sekolah pada akhir tahun 1970-an yang terus berkembang hingga saat ini, diikuti juga dengan kehadiran printer, floppy disk drive, scanner dan kamera digital. Kemudian internet muncul bersama dengan jaringan komputer, World Wide Web, email dan mesin pencari. Pada materi perkembangan TIK ini di harapkan dengan terus berkembanganya teknologi informasi dan komunikasi harus dibarengi dengan kemampuan beradaptasi dan memanfaatkan dengan perkembangan teknologi (hardware maupun software), diantaranya adalah :

1.      Kemampuan Berinovasi, mampu menumbuhkan kemampuan dalam berpikir kritis, menyelesaikan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi, kreativitas dan inovasi

2.      Kemampuan Literasi Digital, sebuah kemampuan untuk dapat memilih secara efektif, mengevaluasi dan menggunakan informasi untuk mendapatkan, menerapkan, dan membagikan pengetahuan.

Seperti halnya saya menyampaikan terkait pengalaman saya tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat masa SD, tidak dipungkiri TIK selain berpengaruh pada dunia masyarakat secara umum juga sangat mempengaruhi dunia Pendidikan. Berdasarkan teori TIK berkembang di bidang pendidikan ketika universitas pertama kali memperoleh komputer mainframe. Komputer mainframe merupakan komputer generasi pertama dan sebuah teknologi informasi kelas tinggi yang terdiri dari beberapa komputer dengan kemampuannya dalam melaksanakan berbagai macam tugas yang berkaitan dengan komputasi rumit untuk jangka waktu yang relatif singkat.

Hal ini terus berkembang sampai muncul komputer kecil pertama. Komputer kecil ini diperkenalkan dengan sebutan microcomputer (disebut mikrokomputer untuk membedakannya dari komputer mainframe). Microcomputer adalah komputer kecil yang biasa digunakan, baik dalam bentuk desktop PC ataupun laptop. Microcomputer pertama itu mulai membawa perubahan bertahap di ruang kelas di seluruh dunia saat para guru inovatif dan pengguna awal mengeksplorasi penggunaannya.

 

Tahapan-tahapan perkembangan teknologi masuk ke dunia pendidikan menjadi menambah wawasan saya dalam pemahaman perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi. Selain itu, saya juga mendaptkan ilmu tentang bagaimana tahapan-tahapan yang ideal dalam mengadopsi dan menggunakan TIK, yaitu :

1.      Emerging (Muncul)

2.      Applying (Menerapkan)

3.      Infusing (Menanamkan)

4.      Transforming (Transformasi)

Tahapan-tahapan tersebut, memang benar adanya dalam proses mengadopsi dan menggunakan TIK. Karena, tahapan tersebut pernah saya jalani selama proses mengenal dan mengunakan beberapa teknologi yang ada di sekitar saya. Mulai dari SD ke SMP sudah memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari emerging menuju apllying. SMP menuju SMK tahapan sekolah dalam mengadopsi dan menggunakan teknologi juga mulai berubah yaitu sudah tahap infusing. Lulus sekolah dan memasuki dunia perkuliahan beserta sekolah dasar dan menengah sudah masuk pada transforming. Hal ini memang benar adanya, sehingga ketika nanti terdapat perkembangan teknologi terbarukan sebagai seorang harus dapat menerapkan tahapan ini.

Berdasarkan materi di atas, hal ini terkoneksi dengan materi selanjutnya bahwa tahapan tranformasi telah masuk, sehingga sudah sejatinya teknologi ini hidup beradampingan dengan perkembangan masyarakat utamnya pendidikan yaitu berdampingan dengan Guru serta peserta didik. Adapun pemanfaatan perangkat TIK dalam pembelajaran Abad 21 adalah :

1.      TIK dan Kreativitas peserta didik, yaitu pemanfaatan TIK dalam mengksplore kreativitas pesdik untuk mendukung pembelajaran seperti Canva, PPT, Pintrest dan lain sebagainya.

2.      TIK dan aktivitas Kolaborasi peserta didik, yaitu dengan memanfaatkan media teknologi untuk berdiskusi pembelajaran seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tik Tok dan lainnya.

3.      TIK sebagai media komunikasi peserta dalam pembelajaran, hal ini dalam membantu mempermudah komunikasi Antara pesdik dengan guru maupun stakeholder lainnya sampai pengiriman tugas secara online seperti WA, Email, dan lain sebagainya.

Semakin mudahnya akses teknologi juga pemanfaatannya yang begitu banyak bagi dunia pendidikan sebagai guru perlu menganalisis peran guru yang ditimbulkan oleh pengabdosian teknologi serta penggunaannya. Saat mengeksplorasi materi di Topik 1 ini, di sampaikan adanya pergeseran pandangan di dunia pendidikan dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yaitu :

1.      Dari pelatihan ke penampilan

2.      Dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja

3.      Dari kertas ke online

4.      Fasilitas sidik ke fasilitas jaringan kerja

5.      Dari waktu siklus ke waktu nyata.

Berdasarkan hal tersebut, peran guru dan peserta didik berubah menuju student centered. Akan tetapi dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memiliki dampak negatifnya. Sehingga perkembangan teknologi juga dibarengi memperkuat pola piker, karakter peserta didik juga guru dalam proses pembelajaran sehingga terjadi positivism dalam pemanfaatan teknologi. Hal di atas adalah penjelasan revolusi ketga sampai dampaknya yang ditimbulkan, sekarang pada abad 21 pada materi telah dijelaskan kita sudah masuk revolusi keempat dengan ditandai beberapa perkembangan yaitu adanya teknologi baru Internet Of Things, Big Data, Cyber Security, Augmented Reality dan Virtual Realiry serta Artificial Intelegent.

Sehingga, peserta didik memerlukan pembelajaran yang memunculkan kemapuan – kemampuan yang dibutuhkan oleh dunia Abad 21. Menurut P21 mengidentifikasi beberapa keterampilan luas yang dibutuhkan oleh peserta didik di abad ke-21. Keterampilan tersebut mencakup: (1) mata pelajaran inti dan tema abad ke-21, (2) keterampilan belajar dan inovasi, (3) keterampilan informasi, media, dan teknologi, serta (4) keterampilan hidup dan karir. Untuk mendukung keterampilan tersebut diperlukan sistem pendukung seperti standar penilaian, kurikulum, pengembangan profesional, dan lingkungan belajar

Posting Komentar untuk "Makna Penting Perkembangan Teknologi, Media dan Pembelajaran"