Studi Kasus
Saat ini adalah permulaan tahun ajaran baru. Anda adalah
seorang wali kelas 4 SD yang memiliki anak didik usia 10 tahun bernama Diana.
Wali kelas 3-nya mengeluhkan dinamika bersekolah Diana kepada anda. Guru wali
kelas tersebut mengatakan nilainya jauh tertinggal dari teman-teman lainnya di
kelas. Diana juga kurang baik dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya selama masa
PJJ kemarin. Bahkan pihak wali kelas mengatakan bahwa ia khawatir dengan
tuntutan yang semakin tinggi di kelas 4 di pelajaran IPA, Bahasa dan IPS yang
membutuhkan banyak bacaaan. Diana seringkali tidak menyelesaikan tugas-tugas
yang diberikan dan ulangannya menunjukan nilai buruk. Namun demikian, ketika
materi tugas dan ulangan tersebut diulangi secara lisan dan individual, Diana
dapat menjawabnya.
Berdasarkan tujuan pembelajaran yang
ada:
- Kira-kira
bagaimanakah cara melakukan asessmen terhadap keadaan Diana?
- Jenis asesmen apakah yang akan anda berikan kepada siswa anda tersebut? Jelaskan pertimbangan anda.
- Kesimpulan apa yang anda dapat tarik dari asessment yang anda design dan lakukan tersebut?
1. Berdasarkan
permasalahan mengenai kasus peserta didik bernama Diana memiliki tipe gaya
belajar auditori karena ketika materi tugas dan ulangan
tersebut diulangi secara lisan dan individual, Diana dapat menjawabnya. Oleh
karena itu guru dapat merancang pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan
gaya belajar diana, misalnnya melalui pembelajaran dengan strategi diskusi
kelompok tutor sebaya dan guru dapat lebih menekankan pada penggunaan metode
ceramah dalam proses pembelajaran. Sedangkan dalam penerapan asessmen guru
dapat melakukan asessmen yang berdiferensiasi
2.
Jenis asessmen yang digunakan untuk
kasus diana dapat diawali dengan melakukan asessmen diagnostik untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan awal peserta didik. Selanjutnya guru dapat menggunakan
asessmen formatif seperti tes lisan dan portofolio, karena jenis asessmen ini
berfokus pada proses pemahaman sehingga akan lebih efektif berkaitan dengan
kemampuan dan karakteristik dari Diana.
1.
Annisa Nurlaili
2.
Dian Trihartini
3.
Fatin Fitroh Amalia
4.
Muhammad Nurul Yaqin
Posting Komentar untuk "PEMAHAMAN PESERTA DIDIK RUANG KOLABORASI TOPIK 5 - PPG Prajabatan Model Baru"