Blogger Jateng

PEMAHAMAN PESERTA DIDIK RUANG KOLABORASI TOPIK 5 - PPG Prajabatan Model Baru

 


Studi Kasus

Saat ini adalah permulaan tahun ajaran baru. Anda adalah seorang wali kelas 4 SD yang memiliki anak didik usia 10 tahun bernama Diana. Wali kelas 3-nya mengeluhkan dinamika bersekolah Diana kepada anda. Guru wali kelas tersebut mengatakan nilainya jauh tertinggal dari teman-teman lainnya di kelas. Diana juga kurang baik dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya selama masa PJJ kemarin. Bahkan pihak wali kelas mengatakan bahwa ia khawatir dengan tuntutan yang semakin tinggi di kelas 4 di pelajaran IPA, Bahasa dan IPS yang membutuhkan banyak bacaaan. Diana seringkali tidak menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dan ulangannya menunjukan nilai buruk. Namun demikian, ketika materi tugas dan ulangan tersebut diulangi secara lisan dan individual, Diana dapat menjawabnya.

Berdasarkan tujuan pembelajaran yang ada:

  1. Kira-kira bagaimanakah cara melakukan asessmen terhadap keadaan Diana?
  2. Jenis asesmen apakah yang akan anda berikan kepada siswa anda tersebut? Jelaskan pertimbangan anda.
  3. Kesimpulan apa yang anda dapat tarik dari asessment yang anda design dan lakukan tersebut?

1.             Berdasarkan permasalahan mengenai kasus peserta didik bernama Diana memiliki tipe gaya belajar auditori karena ketika materi tugas dan ulangan tersebut diulangi secara lisan dan individual, Diana dapat menjawabnya. Oleh karena itu guru dapat merancang pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar diana, misalnnya melalui pembelajaran dengan strategi diskusi kelompok tutor sebaya dan guru dapat lebih menekankan pada penggunaan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Sedangkan dalam penerapan asessmen guru dapat melakukan asessmen yang berdiferensiasi

2.      Jenis asessmen yang digunakan untuk kasus diana dapat diawali dengan melakukan asessmen diagnostik untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal peserta didik. Selanjutnya guru dapat menggunakan asessmen formatif seperti tes lisan dan portofolio, karena jenis asessmen ini berfokus pada proses pemahaman sehingga akan lebih efektif berkaitan dengan kemampuan dan karakteristik dari Diana.

      Kesimpulannya adalah peserta didik itu memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing dalam mengikuti atau melaksanakan proses belajar. Berdasarkan hal ini guru perlu melakukan pemantauan mengenai perkembangan tahapan belajar peserta didik sehingga tewujudnya pembelajaran yang bepihak dan memerdekakan peserta didik.

Penulis : 

1.      Annisa Nurlaili

2.      Dian Trihartini

3.      Fatin Fitroh Amalia

4.      Muhammad Nurul Yaqin

Posting Komentar untuk "PEMAHAMAN PESERTA DIDIK RUANG KOLABORASI TOPIK 5 - PPG Prajabatan Model Baru"