Blogger Jateng

Contoh Aplikasi Kerangka Strategi (Teacher at The Right Level, Berdiferensiasi dan Kultur Responsif)


 

CONTOH KERANGKA STRATEGI PEMBELAJARAN

Peserta Didik Unik


Identitas

Galang Setyowibowo  ( 15)

Alexsandrea Violeta Chealsea N (14)

 

Mereka bersahabat, dengan 2 teman lainnya. Keunikannya adalah galang satu-satunya Islam akan tetapi masih dapat berbaur hingga tahap bestie. Hal ini menarik kelompok kami untuk mengambil kedua anak tersebut.

 

Selain itu, hasil observasi pengembangan galang menyatakan tidak mengalami tumbuh dibesarkan secara bersama-sama orang tua, sedangkan chealsea tumbuh dengan dukungan orang tua bersama-sama. Akan tetapi hasil diagnostik kognitifnya sama-sama di tingkat mahir.

 

Kesiapan

Galang : Mahir

Chealsea : Mahir

Karakter Sosial

Kedua Ekstrovert

Profil Belajar

Galang Auditori

Chealsea Visual

Rencana Diferensiasi


Konten

Mereka berdua ketika belajar berdiferensiasi konten akan masuk pada kelompok mahir dan menelaah lebih komplek suatu konten materi.

Proses

Galang : Mendengarkan /Menyimak guru

Chealse : Menyaksikan Video dan PPT yang menarik

Produk

Galang : diarahkan untuk penyajian hasil diskusi/proyek dengan bentuk Voice Note/Podcast, lagu, puisi dll

Chealsea : diarahkan untuk penyajian hasil diskusi/proyek dengan bentuk video, PPT, mind map dll

 

Rencana Responsive Culture


 

Menerapkan salam hormat dan do’a yang relevan bagi semua agama dan menerapkan kesepakatan kelas untuk menumbuhkan budaya musyawarah dan keadilan sosial.

 

Rencana Pengajaran sesuai Level


 

Sesuai hasil observasi perkembangan kognitif peserta didik galang berusia 15 tahun dan Chealsea 14 tahun sehingga sudah masuk pada tahapan operasional formal di mana dari pemahaman konkret ke pemahaman abstrak. Oleh Karenanya mereka masuk pada fase D.


 

Pendekatan

dan Model Pembalajaran

\

 

Pendekatan               : Santifik

Model Pembelajaran : Discovery Learning dan Project Based Learning (PjBL)

Sarana dan Prasarana


Sarana dan Prasarana yang diperlukan

1.    Laptop, LCD Projector

2.    Papan tulis dan spidol

3.    Buku Paket Siswa dan Guru

4.    Berbagai video dan gambar tentang kegiatan industry kreatif dan pusat-pusat keunggulan ekonomi

5.    Internet

6.    Lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

7.    Lembar Kerja Siswa

Dukungan lingkungan belajar

Lingkungan Fisik

  1. Kelas yang fklesibel/mudah disesuaikan dengan kebutuhan belajar
  2. Peralatan yang digunakan aman bagi siswa
  3. Suasana kelas yang nyaman dan aman

Lingkungan Non Fisik

  1. Saling memberikan Positive feedback
  2. Budaya saling menghargai dan mengapresiasi

Jadi, syarat untuk melakukan penyusunan pembelajaran yang sesuai kerangka strategi Teacher at The Right Level, Berdiferensisasi dan Kultur Responsif, guru harus sudah melakukan kegiatan Profiling peserta didik di kelas. Profiling ini dapat dilakukan melalui kegiatan diagnostik non kognitif terkait perkembangan peserta didik dan profil belajar peserta didik (gaya, minat atau motivasi belajar). Hla ini tentunya harus didahului guru membuat alat ukurnya. Contoh alat ukur dapat di akses di link berikut : Diagnostik Non Kognitif

Posting Komentar untuk "Contoh Aplikasi Kerangka Strategi (Teacher at The Right Level, Berdiferensiasi dan Kultur Responsif) "